Peluang Kerja Bagi Sarjana Psikologi

Peluang kerja lulusan psikologi merupakan sebuah hal yang sangat perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk mengambil juruan kuliah psikologi. Untuk jurusan yang satu ini tentu bukan sembarangan orang yang mengambilnya, karena profesi tersebut nantinya akan berurusan dengan masalah kejiwaan serta mempelajari prilaku manusia.

Tidak banyak dari orang yang bertanya tentang bagaimanakah prospek kerja psikologi? bisa menjadi apakah nantinya setelah lulus kuliah dari jurusan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebt sangatlah wajar karena memang jurusan psikologi tidak begitu familiar dengan masyarakat, tentu saja sangat berbeda jauh dengan jurusan keguruan yang kedepannya sudah sangat jelas.

Peluang Kerja Bagi Sarjana Psikologi

Pada kesempatan kali ini, di sini kami akan membagikan informasi tentang peluang kerja bagi sarjana psikologi untuk anda semua, dan mungkin saja bisa menjawab pertanyaan anda.

Menjadi HRD (Human Resource Development)

Peluang kerja pertama dari lulusan psikologi adalah menjadi seorang HRD. HRD merupakan sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. Untuk itu lulusan psikologi sangat cocok menempati posisi ini, karena tugas utamanya adalah merekrut karywan dalam perusahaan.

Menjadi Konselor

Peluang kerja profesi psikologi selanjutnya adalah menjadi konselor yang tugasnya adalah memberikan konseling untuk kliennya. Konselor selain sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan juga sangat dibutuhkan pada Lembaga Swadaya Masyarakat. Konselor sendiri nantinya akan menangani permasalahan anak-anak hingga orang tua.

Menjadi Seorang Psikolog

Selain kedua pekerjaan diatas, peluang kerja untuk sarjana psikologi selanjutnya adalah menjadi seorang psikolog. Namun untuk bisa mendapatkan sebuah gelar psikolog anda harus terlebih dahulu menempuh jenjang pendidikan S2 Psikologi terlebih dahulu dan wajib mengambil jurusan Psikologi Klinis.

Untuk kedepannya anda bisa bekerja dirumah sakit setelah selesai masa kuliah S2 Psikologi Klinis. Dan untuk pasien yang akan anda tangani adalah mereka yang mempunyai masalah kejiwaan yang pertumbuhannya mentalnya terhambat.

Menjadi Guru BK (Bimbingan Konseling)

Peluang kerja lainnya yang bisa didapatkan oleh sarjana psikologi adalah menjadi seorang guru bimbingan konseling atau guru BK. Tugas dari guru bimbingan konseling ini adalah mengatasi persoalan siswa yang bermasalah untuk memberinya konseling. Untuk itu semua sekolah pasti mempunyai guru BK.

Menjadi Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Selain beberapa peluang diatas, anda juga mempunyai peluang sebagai terapis bagi anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Tugas utama dari terapis ini adalah mengamati setiap perkembangan dari anak-anak tersebut. Selain itu juga bertugas untuk meningkatkan kemandirian anak. Anda bisa melakukan terapi agar anak tersebut bisa tumbuh dengan baik seperti anak-anak lain pada umumnya.

Nah, itulah beberapa peluang kerja bagi lulusan psikologi. Sebenarnya masih banyak peluang kerja lainnya yang membutuhkan lulusan psikologi. Jadi anda tidak perlu merasa khuatir akan bekerja apa kedepannya jika memutuskan untuk kuliah dengan jurusan psikologi.

You May Also Like

About the Author: Niena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *