Manfaat Air Purifier Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Polusi udara menjadi salah satu momok bagi kesehatan, terlebih di kota-kota besar. Udara yang kotor bukan hanya mempengaruhi kesehatan pernapasan tetapi juga tubuh secara umum. Itulah sebabnya manfaat air purifier bagi kesehatan menjadi aspek yang banyak dicari.

Memiliki rumah dengan kualitas udara yang baik tentunya merupakan dambaan setiap orang. Namun ada kalanya, meski sudah berusaha, ada saja hal yang membuat udara tercemar. Bukan hanya gas berbahaya, tetapi bau tidak sedap, asap rokok, hingga bau perabot bisa menimbulkan pencemaran.

Manfaat Air Purifier Bagi Kesehatan Anggota Keluarga

Produk pemurni udara ini memang sudah tidak asing lagi. Banyak keluarga sudah memiliki alat ini karena mengingat manfaatnya yang besar. Berikut manfaatnya:

1.      Mencegah Risiko Penyakit

Cara kerja pemurni udara adalah menyerap udara kotor dan menggantikannya dengan yang baru. Dengan begitu, pengguna pemurni udara akan mendapatkan asupan udara bersih setiap kali alat ini dinyalakan.

Memang ada banyak manfaat udara bersih bagi tubuh. Maka secara tidak langsung, pemurni udara dapat memberikan dampak positif bagi siapapun yang menggunakan alat air purifier ini.

2.      Cegah Bau Tak Sedap

Bukan hanya debu dan kotoran yang bisa disaring oleh mesin pemurni udara ini, tetapi juga bau tak sedap, seperti bau asap rokok, bau lembab, hingga bau yang ditimbulkan oleh aktivitas sehari-hari. Sebab, pada dasarnya bau tak sedap adalah bentuk dari udara bersih yang bercampur polutan.

3.      Membasmi Virus, Bakteri, dan Jamur

Penyakit bisa datang dari mana saja, tetapi kebanyakan pertukaran penyakit ini terjadi di udara. Salah satu contohnya adalah penderita flu yang bersin. Virus yang terbawa dari bersin tersebut berada di udara dan terserap oleh orang sehat yang membuatnya menjadi sakit.

Untungnya, komponen penyaring HEPA milik pemurni udara ini bisa diandalkan dalam hal memusnahkan virus, bakteri, dan jamur. Dengan demikian, udara terbebas dari ancaman ketiga material tersebut.

4.      Mengurangi Stres

Tekanan dari lingkungan maupun situasi bisa jadi memicu stres. Keadaan ini bisa menjadi lebih buruk jika penderita stres berada di ruangan dengan kualitas udara yang kotor. Sebaliknya, dengan udara yang bersih dan segar, pikiran juga menjadi lebih santai dan mampu berpikir dengan jernih.

Itulah salah satu alasan banyak orang memilih untuk menepi di tempat asri dengan pemandangan indah serta udara yang bersih. Di sana, mereka bukan hanya bisa melepas lelah fisik tetapi juga psikis sekaligus.

Pentingnya Udara Bersih Bagi Tubuh

Walaupun merupakan material tidak terlihat, ternyata udara berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah fungsi udara bersih bagi tubuh:

1.      Melegakan Pernapasan

Saat sedang bernapas, maka hidung, saluran pernapasan, hingga paru-paru tentu membutuhkan oksigen yang melimpah agar terasa segar sekaligus menyehatkan. Jika udara yang dihirup penuh dengan polutan misalnya bau hingga banyak debu, pastinya akan membuat tidak nyaman.

Udara kotor bahkan bisa membawa penyakit seperti radang tenggorokan, sesak napas, hingga kanker paru-paru. Untuk itulah pentingnya udara yang bukan hanya sekadar segar tetapi penuh dengan oksigen untuk pernapasan yang sehat.

2.      Melancarkan Peredaran Darah

Udara yang bersih pasti banyak mengandung oksigen. Seperti yang diketahui, oksigen dalam darah sangat dibutuhkan untuk memberi makan sel-sel tubuh, termasuk organ-organ vital di dalam tubuh. Dengan peredaran darah yang lancar dan penuh oksigen, tubuh jadi mampu melawan radikal bebas,

Menurut National Health Service dari Inggris, kekentalan darah berbanding lurus dengan kandungan oksigen di dalam darah. Semakin banyak oksigen yang terkandung, maka darah akan semakin encer. Darah yang encer akan memudahkan transportasi zat di dalam tubuh.

Itulah sebabnya pada beberapa kondisi pasien, terlebih pasien Covid-19, penting untuk selalu memantau kadar oksigen di dalam darah. Seringkali, kekurangan oksigen dalam darah juga dapat memicu sesak napas hingga hilangnya kesadaran.

3.      Angka Harapan Hidup Lebih Tinggi

Menurut Forum of International Respiratory Societies, kualitas udara juga menentukan kualitas hidup seseorang. Semakin baik kualitas udara, maka kesehatan masyarakat juga semakin terjamin. Saat kesehatan meningkat, maka angka harapan hidup juga jadi lebih tinggi.

Udara yang segar dan sehat juga mampu meredakan stress berlebih. Saat tekanan berkurang, maka seseorang bisa menjalankan hidupnya dengan lebih teratur dan fungsi organ tubuhnya menjadi lebih optimal.

Cara Mendapatkan Udara Bersih

Demi mendapatkan udara bersih, banyak cara coba untuk ditempuh. Beberapa cara berikut ini dapat dicontoh dan dilakukan dengan mudah:

1.      Rajin Membersihkan Ruangan

Debu, kotoran, hingga sel kulit mati bisa menjadi penyebab udara di dalam ruangan menjadi tercemar. Agar akses mendapatkan udara bersih menjadi lebih mudah, maka tidak ada salahnya untuk kerap membersihkan ruangan dari debu dan semacamnya.

Penggunaan penyedot debu maupun pemurni ruangan juga dapat dilakukan saat membersihkan ruangan. Manfaat air purifier bagi kesehatan juga sudah jelas terbukti dan mampu menghasilkan udara yang lebih bersih.

2.      Ventilasi yang Baik

Pergantian udara di dalam ruangan juga sangat diperlukan. Udara yang terperangkap dalam kurun waktu lama di sebuah ruang tertutup, bisa membuat ruangan menjadi pengap bahkan lembab. Itulah sebabnya rumah dengan ventilasi yang baik sangat disarankan.

Jendela dengan ukuran besar yang kerap dibuka juga menjadi solusi pergantian udara di dalam rumah. Meski demikian, pergantian udara ini juga riskan membawa debu hingga spora jamur. Itulah sebabnya dibutuhkan alat dengan sistem penyaring udara untuk melengkapinya.

3.      Penggunaan Air Purifier

Dengan kondisi lingkungan seperti sekarang ini, tampaknya cukup sulit untuk terhindar dari polusi udara. Bahkan saat di dalam ruangan pun, polusi udara bisa terjadi, misalnya karena asap rokok maupun zat dari perabot rumah tangga.

Agar udara tetap bersih, maka dibutuhkan alat pemurni udara atau yang kerap disebut dengan air purifier. Alat ini dapat menyaring partikel asing di dalam udara serta gas dan zat berbahaya lainnya. Udara yang diserap dan disaring kemudian dilepaskan kembali dalam keadaan bersih.

Kapan sebaiknya air purifier dinyalakan? Tidak ada patokan pasti mengenai hal ini. Hanya saja, beberapa pengalaman mengatakan bahwa saat tidur adalah saat yang tepat dalam menyalakan alat ini.

4.      Menanam Pohon

Jika memiliki pekarangan, maka tidak ada salahnya untuk menanam pohon. Seperti diketahui, pohon dapat menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Maka tidak heran jika suasana di bawah pohon selalu terasa menyejukkan.

Hanya saja, saat malam hari, pohon juga mengeluarkan karbondioksida dan menyerap oksigen, kebalikan dengan kinerja saat siang hari. Maka butuh kehati-hatian jika ingin bersantai di bawah pohon saat malam tiba.

Mendapatkan manfaat air purifier bagi kesehatan adalah hal mudah dengan alat yang berkualitas, seperti air purifier Drewcare. Dengan berbagai jenis serta kelebihan, air purifier Drewcare memberikan solusi kualitas udara bersih bagi siapa saja.

Komponen HEPA filter, karbon aktif serta komponen penting lainnya membuat penggunanya tidak perlu pergi jauh hanya untuk bisa mendapatkan udara yang segar dan bersih.

About the Author: El Gaza