Ciri Khas yang Dimiliki Oleh Burung Koreak

Burung Koreak adalah jenis burung yang cukup terkenal. Jenis burung ini bahkan memiliki cerita mitos yang dipercayai oleh masyarakat tanah Sunda, lho. Pasalnya, kehadiran burung ini terkait dengan kabar buruk. Untuk mengenalinya, tentu pembaca perlu tahu ciri khas yang dimiliki oleh burung Koreak.

Bentuk fisik dari burung Koreak sebenarnya mudah dikenali. Di samping itu suara kicauan dari jenis burung ini juga cukup lantang dan bahkan terdengar sedikit mengerikan. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dapat membantu pembaca mengenalinya seperti yang dikutip dari kacer.co.id. Selamat membaca!

  1. Menyerupai Burung Hantu

Bentuk fisik menyerupai burung hantu merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh burung Koreak. Istilah burung Koreak digunakan untuk menyebut burung hantu yang berwarna putih. Bagian wajah burung ini sama seperti burung hantu, yang berbentuk seperti hati.

Kedua matanya tajam dan memiliki sudut tajam ke bagian paruhnya. Sementara itu, paruh burung ini kecil dan biasanya tidak berwarna terlalu gelap. Warna putih yang dimiliki oleh burung ini biasanya mendominasi pada bagian depan yang meliputi area wajah, dada, hingga bagian kaki.

Burung Koreak yang sering terlihat biasanya memiliki ciri dengan warna putih di bagian depan dan warna cokelat yang menutupi bagian sisa tubuh lainnya. Misalnya seperti pada bagian sayap, punggung, dan bagian belakang kepala.

Akan tetapi, beberapa burung Koreak juga ada yang memiliki warna putih penuh di semua bagian tubuhnya. Bagian gelap dari tubuhnya hanya meliputi bagian mata dan kuku kakinya saja.

  1. Memiliki Suara Lantang

Nama Koreak sebenarnya diambil dari suara kicau yang dikeluarkan oleh jenis burung satu ini. Burung Koreak mempunyai suara yang terdengar lantang. Suaranya ini terdengar seperti meneriakkan bunyi “koreak”. Inilah yang membuat burung ini dinamakan sebagai burung Koreak.

Burung Koreak juga mempunyai nama lain, yakni Serak Jawa. Suara kicauan burung Koreak mudah dikenali karena terdengar lantang, agak serak, dan khas. Menurut mitos daerah Jawa Barat, suara burung Koreak bahkan menjadi pertanda akan datangnya hal buruk atau kematian seseorang.

Tidak sedikit bahkan anak-anak yang merasa ngeri dengan suara burung ini. Oleh sebab itu burung Koreak sangat identik dengan mitos-mitos menyeramkan di pedesaan Jawa Barat.

  1. Hanya Muncul di Waktu Tertentu

Umumnya burung Koreak sering terlihat dan terdengar suara kicauannya di waktu petang saat sore hari menjelang malam. Biasanya pada malam hari suara burung Koreak akan terdengar cukup nyaring. Hal ini sejalan dengan jenisnya, yakni burung hantu  yang dikenal sebagai hewan nokturnal atau beraktivitas di malam hari.

Namun, menurut beberapa sumber burung Koreak terkadang juga muncul di pagi atau siang hari. Hanya saja, suara burung Koreak tidak terdengar selantang suaranya di malam hari. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya suara aktivitas lainnya yang menyamarkan suara kicauan burung Koreak di siang hari.

Itulah tiga ciri khas yang dimiliki oleh burung Koreak. Saat malam burung Koreak akan mencari makan dan mengeluarkan kicaunya. Beberapa orang awam dapat merasa kaget saat mendengar kicauannya yang lantang. Semoga ulasan ini dapat membantu pembaca untuk mengenalinya dengan lebih baik.

You May Also Like

About the Author: Wingki