Cara Mengatasi Situs Tidak Muncul di Pencarian Google

Kamu pastinya pernah mengalami masalah pada website yang kamu Kelola dengan susah payah tetapi saat di ketik kata kunci yang kamu bidik atau nama website, ternyata tidak muncul di mesin pencarian Google.

Hal ini tentunya akan membuat kamu stress. Tetapi masalah seperti ini sangat wajar bisa terjadi karena ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari masalah seperti ini. Nah untuk itu kamu bisa mempraktekan apa yang harus di lakukan agar situs milikmu bisa muncul di pencarian Google.

Kamu bisa menggunakan jasa dari Perusahaan Web Developer untuk mengatasi masalah yang menjadi penyebab utama website kamu tidak di temukan di pencarian Google. Agar lebih maksimal kamu bisa menggunakan pula jasa Garuda Backlink agar websitemu cepat di rangking oleh Google.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan situs kamu tidak muncul di Google. Nah berikut ini ialah beberapa penyebab dan cara mengatasi situs yang tidak muncul yang bisa kamu coba:

  1. Website Kamu Diindeks Dibawah Dua Versi Domain

Pertama ialah karena website kamu diindeks dibawah dua domain yaitu www dan non www. Perlu kamu ketahui bahwa www ini merupakan subdomain dari domain utama yaitu https://domain.com , nah ini tidak sama dengan https”//www.domain.com .

Hal yang harus kamu lakukan ialah , kamu harus bisa memilih. Domain yang mana yang akan kamu gunakan. Rata-rata web besar menggunakan www.

Setelah itu, aturlah sistem redirect dari www ke non www atau dari non www ke www. Kemudian, lakukan verivikasi di Google Search Console.Jangan lupa untuk menambahkan seluruh URL versi domain pada properti.

Jika kamu  memverivikasi salah satu versi, nanti secara otomatis akan bisa versi sudah terverivikasi. Jika dulu pada tahun-tahun sebelumnya ada pilihanya dalam pengaturan yakni bisa memilih “domain pilihan”. Namun sekarang fitur ini sudah tidak ada. Fitur ini sudah dihilangkan sejak tahun 2019 bulan juni.

  1. Google Belum Memasukan Situs Kamu

Kedua ialah karena Google belum memasukan situs kamu. Biasnaya ini terjadi pada website yang baru dibuat. Oleh sebab itu bagi blogger yang baru membuat website, sangat kami anjurkan untuk menunggu beberapa hari agar bisa terdeteksi oleh Google.

Namun, jika sudah ditunggu berbulan-bulan dan masih tetap seperti itu, kamu bisa mendorong Google dengan cara mengunggah situs peta melalui GSC.

Pastinya kamu harus bersabar dan jangan lupa untuk memantau kemajuan status pengindeksanya.

  1. Website kamu Memiliki Konten Duplikat

Ketiga ialah karena website kamu memiliki konten duplikat. Perlu kamu ketahui bahwa jika banyak konten dnegan isi yang sama atau biasa disebut dengan konten duplikat ini, tentunya akan bisa membingungkan mesin pencari dari pengindeksan.

Oleh sebab itu, tulislah atau buatlah konten yang unik dan original pada setiap halamanya dan jangan lupa untuk menghapus konten duplikat yang ada di website kamu agar bisa muncul lebih cepat di pencarian Google.

  1. Masalah Pengaturan Privasi

Keempat ialah karena ada masalah pengaturan privasi. Nah jika kamu menggunakan website WordPress dan mengaktifkan pengaturan privsi, ini bisa membuat seluruh bot mesin pencari diblokir.

Cara mengatasinya, kamu bisa atur di pengaturan yaitu pada “Administrator WordPress”, kemudian “Pengaturan”, lalu “Pengaturan Membaca”. Jangan lupa untuk tidak mencentang fungsi pemblokiran bot mesin pencari tersebut agar Google mudah untuk mendeteksi website kamu.

You May Also Like

About the Author: Nurul