Cara Membuat Foto Bokeh di DSLR untuk Pemula

Banyak orang awam yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan kamera DSLR. Tak heran karena kameranya sendiri juga punya penggunaan yang terlihat rumit.

Mengingat banyak sekali fitur dan tombol di kamera ini. Namun jangan langsung berkecil hati, rumit bukan berarti jika kamera DSLR tidak dapat kamu gunakan dengan optimal.

Sekarang banyak sekaliĀ  tutorial yang akan membantu. Di dalam tutorial tersebut, ada informasi penting bagaimana langkah mempelajari dan memahami setelan kamera DSLR yang baik sehingga hasil foto juga sesuai dengan yang diharapkan.

Pengertian Foto Bokeh di DSLR

Sambil belajar menggunakan kamera DSLR, pastinya kalian akan menemukan fakta unik. Di mana dengan menggunakan kamera berteknologi tinggi ini, kamu bisa menggunakan berbagai gaya foto.

Salah satu yang paling disukai adalah foto bokeh. Sebagai penyuka fotografi, tentunya gaya ini bukan hal yang asing. Foto bokeh adalah gaya foto yang langsung difokuskan di bagian objek yang ingin dituju.

Nah, untuk bagian latar belakang objek tersebut akan dibuat sedikit ngeblur atau buram. Dengan gaya ini, inti objek yang dipotret menjadi lebih jelas tanpa terganggu oleh backgroundnya.

Banyak yang bilang jika membuat foto bokeh di kamera DSLR itu sangat rumit. Padahal, jika sahabat www.gentlemancode.id tahu setiap fungsi kamera dengan baik dan tepat, kamu bisa menghasilkan foto bokeh yang unik dan menarik.

Cara Membuat Foto Bokeh Kamera DSLR Jadi Optimal

Agar foto bokeh yang kamu dapat maksimal, tentunya perlu memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil foto bokeh ini, yakni :

  • Bukaan lensa atau aperture (F stop)

Aperture atau yang dikenal dengan nama bukaan lensa adalah ukuran seberapa besar terbukanya bagian iris lensa yang tengah digunakan untuk memotret objek.

Bagian ini biasanya diukur dengan alat yang bernama F-number. Agar mendapat foto tajam dengan background bokeh terbaik, aperture yang dibutuhkan adalah f/1,4 atau f/1,8.

Tapi tetap saja harus disesuaikan dengan objek dan juga cahaya yang mengenai objek tersebut.

  • Focal length lensa

Focal length lensa menjadi bagian penting yang juga turut mempengaruhi bokeh foto yang kamu jepret. Focal length menjadi jarak satuan milimeter diantara bagian tengah elemen optik lensa dengan objek yang ingin dipotret.

Sederhananya, focal length menjadi zoom yang dimiliki lensa yang kamu gunakan untuk memotret objek tertentu.

Umumnya lensa kit DSLR memiliki ukuran 18 hingga 55 mm. Semakin besar focal length yang digunakan, hasil foto bokeh yang didapat juga lebih tinggi.

  • Jarak objek dengan lensa

Berikutnya adalah jarak objek dengan lensa yang kamu gunakan. Umumnya, semakin dekat objek yang dipotret, hasil Bokeh dari foto yang dihasilkan juga lebih tajam.

Itu tadi cara untuk membuat foto Bokeh di kamera DSLR yang bisa kami berikan. Hasil foto tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan fotografer masing-masing.

You May Also Like

About the Author: El Gaza